Cara Membuat Partisi Baru Pada Virtual Box


Sore ini saya akan membagikan kepada kalian tentang bagaimana cara membuat partisi baru pada Virtual Machine "VirtualBox". Seperti yang kita tahu, banyak aplikasi-aplikasi VM yang bisa kita temukan di mbah google, bing, yandex, dsb. Dan yang paling populer adalah VirtualBox dan VMware. Yang mimin bahas kali ini adalah yang virtual box. Jadi buat pengguna VMware ataupun yang lain, bisa berpindah ke VirtualBox. :v 

VirtualBox sendiri memiliki banyak sekali tipe Sistem Operasi, yaitu Microsoft Windows, Linux, Mac OS X, Solaris, BSD, IBM OS/2, dan masih banyak lagi. Jadi, aplikasi ini bisa kita jadikan tes untuk ISO windows, yang baru saja kita download apakah bekerja dengan benar atau terlalu banyak di mod hingga crash.

Langkah-langkah :

1. Buka Software Virtual Box kalian. Kemudian klik New. Buat yang belum punya bisa download yang terbaru disini ==> DOWNLOAD


 2. Di bagian ini, berisi nama yang akan kalian gunakan di tampilan awal Virtual Box dan jenis Sistem Operasi yang akan kalian install. Isi sesuai kebutuhan kalian. Untuk nama saya isi url Kediri Blog :) kemudian tipenya saya pilih Microsoft Windows, dan versi yang akan saya gunakan adalah Windows 10 32-bit. Lalu tekan Next.


3. Di bagian pengaturan ukuran memory, sesuaikan sesuka kalian. Untuk windows 10 32bit jelasnya minimal ram 1GB, jadi saya atur 1GB. Ukurang ram yang saya tetapkan sebetulnya kurang baik, karena sudah memasuki daerah berwarna merah. Daerah berwarna merah menunjukkan Windows 10 yang akan kita install nantinya akan membuat pc kalian slow karena sisa RAM pc kalian tinggal sedikit. Jadi, sesuaikan supaya dia bisa bernafas :)


4. Untuk bagian ini tekan Create..


5. Di bagian Harddisk file type, langsung saja tekan next untuk orang awam. Jika kalian sudah mengerti ketiganya, ya suka2 kalian :)


6. Tekan next..


7. Pada bagian ukurang HDD, atur sesuka hati kalian. Maksimal ukurannya adalah 2TB, kalian bisa menggunakan angka itu. Santai saja kawan.. Ini hanyalah mesin virtual, jadi apabila kalian pasang 2TB, tapi yang sudah digunakan cuman 10GB, ya yang kehitung di PC cuman 10GB. Kemudian tekan create..


8. Partisi kalian sudah siap digunakan. Jika kalian ingin segera menginstalnya, tinggal tekan tombol start berwarna hijau. O iya.. yang disebelah kanan gambar merupakan keterangan dari Partisi buatan kalian..


Oke. Sampai situ saja.. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa gan, ilmu yang kalian dapat tidak akan membuahkan hasil apabila cuman dipendam sendiri. Maka dari itu saya mengusahakan membagikan sedikit ilmu dari guru buat sampeyan semua. Sekian terima kasih...


Berkomentarlah karena komentar anda sangat membantu dalam perkembangan blog ini..

Emoticon